Menelisik Perkembangan Industri Game Indonesia

Menelisik Perkembangan Industri Game Indonesia


Jakarta, 9 Maret 2020 - Perkembangan industri game di Indonesia saat ini terus meningkat. Melihat kegemaran masyarakat Indonesia dalam bermain game datang dari berbagai kalangan usia dan genre, disisi lain pengguna internet di Indonesia baik dari PC dan mobile tiap tahunnya meningkat, bermain game dengan menggunakan basis internet tentunya juga menyumbang kontribusi peningkatan pengguna internet. 

Indonesia menduduki peringkat ke 4 pengguna internet terbesar dunia setelah Amerika, diungguli oleh Cina dan India masing-masing berada pada peringkat satu dan dua. Dilansir dari riset Statista data sampai dengan kuartal kedua 2019 Indonesia berada pada peringkat 4 dengan total pengguna internet mencapai 171,26 juta orang.

Terkait dalam penetrasi pengguna internet tersebut ada sebanyak 74% laki-laki dan 70% perempuan di Indonesia menghabiskan waktu bermain mobile game, 62% laki-laki dan 50% perempuan bermain console game, serta 67% laki-laki dan 59% perempuan bermain PC game, selain itu 38% masyarakat Indonesia menyaksikan acara e-sport. Sementara itu genre apa yang saat ini sedang populer di Indonesia? Menurut hasil survei global yang dikeluarkan Newzoo, genre favorit gamer Indonesia saat ini adalah game bernuansa Strategi, Battle Royale, FPS dan MOBA. Gamer Indonesia juga menikmati petualangan aksi, game balap, dan penembak.

Bermain game menjadi hobi bagi kalangan masyarakat Indonesia. Belum lagi Indonesia saat ini memasuki era industri 4.0 yang mana perkembangan teknologi begitu pesat dan tuntutan digitalisasi tidak bisa dibendung. Perkembangan tersebut juga melahirkan banyak jenis aplikasi yang membuat perhatian berbagai kalangan masyarakat muda dan dewasa diantaranya berbagai macam aplikasi game lokal dan internasional yang banyak disajikan dalam versi android dan ios.

Hal ini menjadikan Indonesia sebagai pangsa pasar yang menarik dalam industri game baik itu dari sisi perkembangan bisnis maupun investasi, termasuk didalamnya mendukung perekonomian Indonesia. Awal tahun ini lembaga pemeringkat Moody’s Investor (Moody’s) merilis peringkat terbaru sovereign credit rating Indonesia pada level Baa2/outlook stabil (Investment Grade) pada 10 Februari 2020. Dilihat dari sisi rating global tersebut Indonesia masih memiliki prospek dan kepercayaan iklim investasi yang baik walaupun diselimuti dengan ketidakpastian ekonomi global.

Untuk itu Megaxus terus hadir dalam mendukung perkembangan industri game di Indonesia, dengan pengalaman selama 14 tahun Megaxus menjadi perusahaan publisher dan development game serta penyedia jasa terbesar Indonesia dengan total portfolio game sebanyak 23 game yang sudah dirilis dan dikembangkan. Megaxus akan terus mendukung perkembangan ekonomi Indonesia dalam industri ini dengan memiliki dan menyediakan resource yang berpengalaman di bidangnya dalam berevolusi dengan perkembangan bisnis. 



**********************************************************

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Investor Relations, PT Megaxus Infotech

Tel               :  +6221-79194666

Email           investor@megaxus.com

Website       :  www.megaxus.com

 


Share :